Pengertian dari Confidentiality, Integrity, Availability, Non-repudiation ,Autentikasi, Access Control, dan Accountablity


Pengertian dari Confidentiality, Integrity, Availability, Non-repudiation ,Autentikasi, Access Control, dan Accountablity dapat diartikan sebagai berikut :

  • Confidentiality atau kerahasiaan adalah upaya pencegahan bagi mereka yang tidak berkepentingan untuk dapat mencapai informasi . Secara umum dapat disebutkan bahwa kerahasiaan yang mengandung makna bahwa informasi yang tepat hanya dapat terakses oleh mereka yang berhak ( dan bukan orang lain), sama analoginya dengan e-mail maupun data-data perdagangan dari perusahaan.
  • Integrity atau Integritas adalah bentuk pencegahan terhadap kemungkinan amandemen atau penghapusan informasi oleh mereka yang tidak berhak. Secara umum maka integritas ini berarti bahwa informasi yang tepat, memang tepat dimana-mana dalam sistem dan atau mengikuti istilah “messaging” – yaitu tidak terjadi cacat maupun terhapus dalam perjalananya dari penyaji kepada para penerima yang berhak atas informasi tersebut.
  • Availability atau ketersediaan adalah upaya pencegahan ditahannya informasi atau sumber daya terkait oleh mereka yang tidak berhak. Secara umum maka makna yang dikandung adalah bahwa informasi yang tepat dapat diakses bila dibutuhkan oleh siapapun yang memiliki legitimasi untuk tujuan ini. Berkaitan dengan “messaging system” maka pesan itu harus dapat dibaca oleh siapapun yang dialamatkan atau yang diarahkan, sewaktu mereka ingin membacanya.
  • Non-repudiation adalah aspek ini menjaga agar seseorang tidak dapat menyangkal telah melakukan sebuah transaksi. Sebagai contoh, seseorang yang mengirimkan email untuk memesan barang tidak dapat menyangkal bahwa dia telah mengirimkan email tersebut.
  • Autentikasi adalah suatu langkah untuk menentukan atau mengonfirmasi bahwa seseorang (atau sesuatu) adalah autentik atau asli. Melakukan autentikasi terhadap sebuah objek adalah melakukan konfirmasi terhadap kebenarannya. Sedangkan melakukan autentikasi terhadap seseorang biasanya adalah untuk memverifikasi identitasnya. Pada suatu sistem komputer, autentikasi biasanya terjadi pada saat login atau permintaan akses.
  • Access Control adalah Mekanisme untuk mengatur ‘siapa boleh melakukan apa’, ’dari mana boleh ke mana’. Penerapannya membutuhkan klasifikasi data (public, private, confident, secret) dan berbasiskan role (kelompok atau group hak akses). Contoh ACL antar jaringan, ACL proxy (pembatasan bandwith) dll
  • Accountablity adalah Adanya catatan untuk keperlan pengecekan sehingga transaksi dapat dipertanggungjawabkan. Diperlukan adanya kebijakan dan prosedur (policy & procedure). Implementasi dapat berupa IDS/IPS (firewall), syslog (router)

12 pemikiran pada “Pengertian dari Confidentiality, Integrity, Availability, Non-repudiation ,Autentikasi, Access Control, dan Accountablity

  1. Dear Sir/Madam,
    Pleased Brand-new Year!!
    I am Joseph from Bluetooth Device Ltd, a Hong Kong based innovation firm specialized in Bluetooth and also cordless products consisting of: Bluetooth headsets, speakers, adapters, billing tools and also range of car devices.
    You will certainly never ever wish to share your individual files/ crucial papers if you dropped your USB!
    For those who want to secure your files in a fingerprint encrypted USB,
    Today item:
    32GB/ 64GB High-speed Recognition Finger Print Encrypted USB Drive/ USB 3.0 Memory Flash Drive
    Connect for additional information:
    https://www.bluetooth-device.com/index.php?route=product/product&product_id=157
    32GB/ 64GB High-speed Recognition Fingerprint Encrypted USB Drive/ USB 3.0 Memory Flash Drive
    32GB/ 64GB High-speed Acknowledgment Fingerprint Encrypted USB Drive/ USB 3.0 Memory Flash Drive
    http://www.bluetooth-device.com
    Safe, Smart appearance, Practical!
    We just produce ideal products, both in feature and overview style
    Farewell!
    Ideal relates to,
    Joseph
    Sales Supervisor
    Bluetooth Device
    6F Leader Industrial Centre,
    57 Au Pui Wan Road,
    Fo Tan,
    Hong Kong
    Whatsapp/wechat: 852-64628287
    Email: sales@bluetooth-device.com
    Why pick us?
    Most current service version– Suppliers union to conserve your time and expense
    We developed a Mobile Add-on Manufacturers Union with our extremely- shut factories and we possessed the business shares each other to make sure that dealers can put orders for different mobile devices items in a more convenient method without the unnecessary cost by trading business.

Tinggalkan komentar